Sabtu, 11 Januari 2014

Artikel ini menggambarkan Sejarah Internet dari tahun ke tahun. ”Awal Sejarah Internet. Pada mulanya, ARPA menciptakan ARPANET. ARPANET saat itu tidak berbentuk dan kosong. Kegelapan menyelimuti mereka.
ARPA kemudian tertarik kepada ‘jaringan’ dan ARPA berkata ‘Jadilah protokol,’ dan terciptalah protokol. Dan ARPA melihat itu baik.
Dan ARPA berkata ‘Jadilah lebih banyak protokol,’ dan jadilah demikian. Dan ARPA melihat itu baik.Dan ARPA berkata, ‘Jadilah lebih banyak jaringan,’ dan jadilah demikian.”
– Danny Cohen
Seperti pada umumnya teknologi, internet juga tidak serta-merta muncul begitu saja. Internet yang kita gunakan adalah hasil dari penemuan-penemuan bersejarah yang akhirnya dapat berfungsi seperti saat ini.
Sejarah Internet
Sejarah Internet

Sejarah Internet: Munculnya ARPANET

Pada 4 Oktober 1957, Sejarah Internet menggambarkan Uni Soviet meluncurkan satelit pertama di dunia ke orbit di luar angkasa. Satelit yang dikenal dengan nama Sputnik, saat itu tidak terlalu memberikan pengaruh banyak bagi Uni Soviet, karena masih tidak terkoordinir dalam mengorbit. Hal ini menyebabkan transimisi 

yang dikirimkan gambar 3kurang maksimal. Setelah peluncuran Sputnik, orang-orang Amerika mulai memperhatikan perkembangan teknologi dan sains. Sekolah-sekolah diberi tambahan mata pelajaran seperti kimia, fisika, dan kalkulus. Perusahaan-perusahaan memberi bantuan dana kepada pemerintah untuk bidang perkembangan dan penelitian sains. Dan pemerintah Amerika Serikat membentuk agensi baru, yakni National Aernautics and Space Administration (NASA) dan Departement of Defense’s Advanced Research Project Agency (ARPA) untuk mengembangkan teknologi seperti roket, senjata, dan komputer. 

Ahli sains dan militer Amerika mengkhawatirkan apa yang terjadi jika Uni Soviet menyerang sistem telepon nasional Amerika. Hanya dengan peluncuran sebuah misil ke negara mereka, seluruh jaringan kabel telepon, yang berfungsi vital dalam efisiensi komunikasi jarak jauh, akan hancur.
Pada tahun 1962, Sejarah Internet memperlihatkan komputer-komputer di dunia yang baru berjumlah kira-kia 10000 unit dan masih primitif, mesikipun harganya jauh lebih mahal daripada harga komputer saat ini. Komputer saat itu hanya mampu menyimpan beberapa ribu kata dalam memori maget dan memprogram komputer tidaklah pekerjaan yang mudah.
M.I.T melakukan berbagai eksperimen besar mengenai komputer pada tahun 1962. Salah satunya adalah usulan J.C.R Licklider mengenai konsep “Intergalactic Network“, yang mana setiap manusia akan dapat terhubung satu dengan yang lainnya dalam satu dunia virtual. Dalam dunia virtual ini dimuungkinkan pula akses program dan data dari berbagai halaman dan dari mana saja. Sistem ini memungkinkan pemerintah masih dapat melakukan komunikasi walaupun Uni Soviet suatu saat menghancurkan sistem telepon nasional Amerika. Kemudian jaringan yang tercipta ini disebut sebagai ARPAnet.
Sejarah Internet Pada tahun 1965, seorang ilmuwan dari M.I.T mengembangkan metode pengiriman informasi dari suatu komputer ke komputer lain yang disebut sebagai ‘packet switching’.  Metode ini memungkinkan sebuah data dipecah menjadi beberapa blok atau paket sebelum dikirimkan ke tujuan sehingga setiap paket akan mempunyai jalurnya sendiri saat dilakukan pengiriman. Tanpa metode ini, ARPAnet akan sangat lemah sasaran musuh.
Pada tahun 1969 ARPAnet berhasil mengirimkan pesan pertama dengan sistem ‘node-to-node‘. Percobaan ini dilakukan antara sebuah komputer yang berada di laboratorium penelitian UCLA dan sebuah komputer lain di rumah kecil di Stanford. Pesan pertama yang dikirimkan adalah “LOGIN”, sebuah kata yang pendek dan simpel, tetapi dalam proses pengirimannya menyebabkan kerusakan ‘calon’ jaringan ARPA. Hal ini disebabkan komputer  di Stanford hanya menerima dua huruf pertama dari kata yang dikirimkan.

Perkembangan Jaringan

Seorang ilmuwan komputer yang bernama Vinton Cerf menemukan solusi dari permasalahan komunikasi yang dialami antar jaringan mini yang ada saat itu. Sejarah Internet pada tahun 1970, Cerf menciptakan “Transmission Control Protocol” atau TCP. Pada saat ini kita mengenalnya sebagai TCP/IP (Internet Protocol). Metode ini digambarkan sebagai ‘jabat tangan’ yang mengenalkan komputer ke suatu ruang virtual.

Sejarah Internet: Internet Kini

Internet yang kini kita gunakan sudah jauh dari perkembangan masa lalu. Komunikasi sudah dapat dilakukan antar komputer bahkan antar beberapa komputer. Adanya web server dan sistem ‘client-server‘ memungkinkan kita melakukan hal tersebut. Pengiriman data yang bisa dilakukan tidak hanya berupa satu kata melainkan sejumlah string yang sangat banyak. Berkat sejumlah penelitian dan penemuan pada sejarah internet, kita bisa menikmati kemudahan internet seperti saat ini

0 komentar:

Posting Komentar